Codeigniter PHP Framework Belajar Dasar Untuk Pemula

Codeigniter PHP Framework Belajar Dasar Untuk Pemula – CodeIgniter adalah salah satu PHP Framework yang befungsi untuk memudahkan pembuatan aplikasi dengan PHP secara individu maunpun secara team. Salah satu keuntungan menggunakan Codeigniter ini adalah mudah dipelajari dan banyak dokumentasi yang membicarakan codeigniter.

Perbedaan PHP Framework dan PHP Pure adalah PHP Framework telah menyediakan library yang siap pakai dan tentunya akan menghemat waktu pengerjaan. Banyak lagi framework yang telah direlease di internet, tapi memang yang mudah dipelajari adalah codeigniter. Kebanyakan memakai singkatan Codeigniter adalah CI , dari forum-forum ataupun komunitas lainnya menggunakan singkatan tersebut.

Codeigniter PHP Framework Belajar Dasar Untuk Pemula

Mempelajari sebuah software codeigniter tidaklah susah karena, kita hanya perlu memperluas ilmu pengetahuan tentang tiga hal penting untuk menjadi master codeigniter yakni MVC (Model View Controller) adalah sebuah metode untuk manajemen aplikasi anda pada Model, View dan Controller.

Tiga rangkaian inilah yang dapat memanipulasi data menjadi lebih indah dan menarik, untuk sedikit penjelasan dari MVC bisa dilihat dibawah ini.

Bagian dari MVC :

  • Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  • View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa di katakan berupa halaman web.
  • Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

    Mungkin Sedikit ini penjelasan tentang Codeigniter PHP Framework Belajar Dasar Untuk Pemula bagi anda yang ingin menguasai menguasai MVC (Model View Controller) maka langkah selanjutnya adalah mempelajari printah – printah dasar Codeigniter PHP Framework.