Rajaprogram.com – Aplikasi OpenMRS Rekam Medis Gratis

Aplikasi OpenMRS Rekam Medis

Rajaprogram.com – Aplikasi OpenMRS Rekam Medis Gratis – – OpenMRS (Medical Record System) adalah sebuah rekam medis elektronik perusahaan (enterprise electronic medical record) yang dikembangkan oleh komunitas dan memiliki kode sumber (source code) yang terbuka (open source). Dengan desain open source tersebut, maka OpenMRS dapat dikembangkan sendiri oleh pengguna meskipun tanpa kemampuan pemrograman yang mendalam, namun lebih ditekankan kepada analisis sistem dan pengetahuan medis/klinik.

Pengelolaan data pasien yang sangat banyak akan menyulitkan ketika dilakukan secara manual sehingga penerapan teknologi menjadi sebuah hal yang penting untuk efektivitas dan efisiensi. Aplikasi rekam medik telah banyak tersedia, baik yang berlisensi ataupun yang tidak berbayar atau gratis. Diantara aplikasi rekam medis yang tidak berbayar adalah OpenMRS. OpenMRS dibuat dengan struktur basis data konseptual yang tidak tergantung dengan jenis informasi yang ingin ditampilkan atau dikelola, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai kepentingan pengelolaan informasi yang dimiliki oleh pengguna. Selain itu, OpenMRS dapat dikembangkan dengan sistem modular, yang artinya pengembangan dapat dilakukan per modul sesuai dengan kebutuhan. OpenMRS (Medical Record System) adalah program berbasis web dengan Java sehingga dapat berjalan di berbagai sistem operasi (Aprisa, 2010). (Baca di http://simkes.fk.ugm.ac.id/2010/10/ulas-dan-coba-openmrs-bersama-developer-nyoman-ribeka-di-fiki-2010/).

Aplikasi OpenMRS Rekam Medis Gratis dapat dikembangkan sedemikian rupa oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk membangun sebuah fasilitas rekam medis elektronik. Yang diperlukan adalah itikad baik, motivasi yang kuat dan kreativitas agar aplikasi ini dapat dikembangkan dan diimplementasikan sesuai kebutuhan pengguna.

Bagi teman – teman yang ingin memiliki Aplikasi Gratis tersebut diatas silahkan Download disini Aplikasi OpenMRS Rekam Medis Gratis atau teman – teman bisa langsung mendatangi website resmi OpenMRS disini http://openmrs.org/. Mungkin itu saja yang dapat rajaprogam.com sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.